KPU Provinsi Nusa Tenggara Timur selenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) kepada KPU kabupaten/kota se-Nusa Tengara Timur

Kupang - Dalam rangka terbentuknya JDIH pada 22 satuan kerja (Satker) KPU kabupaten/kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Provinsi NTT menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Pengelolaan dan Pengembangan website JDIH kepada 22 KPU kabupaten/kota se- Provinsi NTT pada Selasa (6/10/2020).

"Bimtek ini perlu dilakukan dalam rangka pendokumentasian hukum secara bertanggungjawab atas produk-produk hukum yang ditetapkan oleh  KPU Provinsi maupun KPU kabupaten/kota. Selain itu sebagai bentuk keterbukaan informasi publik demi mengantisipasi potensi gugatan yang dihadapi oleh KPU baik pada pelaksanaan pemilihan serentak 2020 yang sedang berlangsung serta pemilihan presiden dan legislatif," kata Kepala Bagian (Kabag) Hukum, Teknis dan Hupmas, Yosef Hardi Himan, ketika membuka kegiatan bimtek yang dilaksanakan  secara daring tersebut.

Tampil sebagai narasumber bapak Iswantoro  Kabag JDIH KPU RI beserta Ibu Dewi Handayani dan Arishita Nurul dengan peserta Kasubag hukum dan operator kpu kabupaten/kota se-NTT.

Iswantoro yang membawakan materi Pengelolaan Dokumentasi JDIH menegaskan kepada peserta bimtek bahwa KPU Kabupaten/kota dalam konteks pemilihan merupakan bagian dari organ negara yang menjalankan fungsi administrasi Pemilu, maka untuk menghasilkan penyelenggaraan pemilihan yang berkualitas, tentunya KPU kabupaten/kota secara kelembagaan harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang profesional, berintegritas dan mandiri. Ia juga mengungkapkan, dengan adanya SDM yang profesional dan berintegritas, maka akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara Pemateri lain, Dewi Handayani dan  Arishita Nurul menjelaskan tentang Tata Cara Pembuatan Abstrak Keputusan dan Teknis Pengelolaan JDIH kepada peserta.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan peserta berkomitmen untuk mewujudkan pengelolaan JDIH KPU yang profesional dan bertanggungjawab.